Jurnal Menata : Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata <p>deskripsi di isikan disini oleh team IT kampus</p> en-US Wed, 08 Nov 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Sejarah Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/276 <p>Perkembangan madrasah di Indonesia sudah sangat pesat, hal ini tidak lepas dari perjalanan sejarah madrasah yang cukup dinamis. Madrasah memiliki peran strategi dalam pembangunan bangsa, madrasah masih di anggap nomor dua karena penyelenggaran madrasah masih menghadapi masalah besar seperti masalah pengelolaan dan rendahnya mutu pendidikan di madrasah ,lembaga pendidikan islam sudah ada sejak agama islam berkembang di Indonesia. Madrasah sebagai lembaga pendidikan di Indonesia, merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementrian Agama Islam. Saat ini madrasah mampu menunjukan lembaga pendidkan islam yang modern bisa di lihat dari tampilan fisik dan akademiknya, madrasah telah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap sebagai pendukung pembelajaran. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui sejarah madrasah, pengelolaan madrasah dan perkembangan madrasah di Indonesia.</p> Iswandi Iswandi, Respa Mutiara, Fitriyah Fitriyah Copyright (c) 2023 Jurnal Menata : Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/276 Wed, 08 Nov 2023 00:00:00 +0700 MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/274 <p>Pendidikan merupakan suatu system yang teratur dan mengemban misi yang cukup luas yaitu segala sesuatu yang bertalian dengan perkembangan fisik, kesehatan, keterampilan, pikiran, perasaan, kemauan, sosial sampai kepada masalah kepercayaan atau keimanan. Pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi anak (kognitif, fisik, sosial-emosi, kreativitas, dan spiritual). Karakter adalah sikap pribadi yang stabil hasil proses konsolidasi secara progresif dan dinamis, integrasi pernyataan dan tindakan. Dalam pendidikan karakter mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup dan bekerja bersama sebagai keluarga, masyarakat, dan bernegara dan membantu mereka untuk membuat keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan. Karena karakter tidak terbentuk secara instan, tapi harus dilatih secara serius, terus menerus dan proposional agar mencapai bentuk karakter yang ideal.</p> Yenni Yenni, Ikhwandri Ikhwandri, Adrianto Adrianto, Risqa Oktarina, Maryam Jambak, Ti Firmanda Copyright (c) 2023 Jurnal Menata : Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/274 Wed, 08 Nov 2023 00:00:00 +0700 DAMPAK PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/279 <p>The historical development of Islamic education was heavily influenced by various social and cultural factors that existed in the surrounding community. Islamic education during the time of the Prophet could not be separated from the social and cultural factors of society at that time. Through Muhammad SAW, Allah has given him the mandate to guide humans through education and teaching so that humans can play the role of caliph on earth, believe in Allah and carry out their obligations to worship Him. Through Muhammad SAW, Allah has given him the mandate to guide humans through education and teaching so that humans can act as caliphs on earth, believe in Allah and carry out their obligations to worship Him. The relationship between politics and education in Islam cannot be separated. The development of educational activities is heavily influenced by leaders (authorities) and they need the support of educational institutions to make their leadership successful. Educational politics is an educational strategy designed in an effort to create superior and high-quality human resources. Islamic education seeks to build a society that is in accordance with the ideals of Islamic ideology in accordance with the Koran and hadith. This is what was exemplified by the Prophet Muhammad saw. The educational pattern implemented by the Prophet Muhammad saw. in history as comparative material, a source of ideas, an overview of strategies in implementing the Islamic education process.</p> Adrianto Adrianto, Ikhwandri Ikhwandri, Nurfauziah Nurfauziah Copyright (c) 2023 Jurnal Menata : Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/279 Wed, 08 Nov 2023 00:00:00 +0700 Baitul Arqam sebagai Lembaga Pendidikan pada Masa Rasulullah http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/277 <p>Tulisan ini berjudul Dinamika Studi Islam di Inggris ditulis Dina Arsila oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI-YAPTIP Pasaman Barat. Studi Baitul Arqam sebagai Lembaga Pendidikan pada Masa Rasulullah membahas tentang Pengertian baitul arqam, suatu bentuk Pembinaan di Muhammadiyah yang berorientasi pada pembinaan ideologi keislaman dan kepemimpinan. Baitul Arqam diambil dari salah satu nama sahabat Nabi Muhammad SAW yang bernama Arqam bin Arqam, yang pada waktu itu rumahnya dijadikan basecamp dakwah Rasulullah. Fungsi baitul arqam tempat membina para sahabat Rasulullah di masa awal perjuangannya, meningkatkan pemahaman keislaman, menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir di kalangan warga persyarikatan dalam melaksanakan misi Muhammadiyah. Tantangan baitul arqam sebagai lembaga pendidikan, beberapa tantangan yang mungkin dihadapi baitul arqam: Tantangan Finansial, tantangan Rekrutmen Guru dan Staf, tantangan Kurikulum dan Metode Pembelajaran, tantangan Teknologi dan Digitalisasi,tantangan Pemenuhan Kebutuhan Siswa.</p> Sriwardona Sriwardona, Iswandi Iswandi, Lasman Azis, Dina Arsyla Lubis Copyright (c) 2023 Jurnal Menata : Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/277 Wed, 08 Nov 2023 00:00:00 +0700 KONSEP PENGELOLAAN KELAS http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/275 <p>Pengeloaan kelas merupakan bagian integral dari kemampuan profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru, mengelola kelas merupakan salah satu keterampilan dasar mengajar yang bertujuan untuk mewujudkan dan mempertahankan suasana pembelajaran yang optimal, artinya kemampuan ini erat hubungannya dengan kemampauan profesional guru untuk menciptakan kondisi yang menguntungkan, menyenangkan peserta didik dan menciptakan disiplin belajar secara sehat.Proses pembelajaran akan selalu berlangsung dalam suatu adegan kelas. Adegan kelas itu perlu diciptakan dan dikembangkan menjadi wahana bagi berlangsungnya pembelajaran yang efektif. Hal ini tentu saja harus didukung oleh kemampuan guru dalam mengelola kelas.</p> Yenni Yenni, Novi Susanti, Andes Triana Putri Copyright (c) 2023 Jurnal Menata : Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/275 Wed, 08 Nov 2023 00:00:00 +0700 MANAJEMEN JASA PENDIDIKAN http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/273 <p>Pentingnya promosi dalam pendidikan sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan minat calon siswa serta orang tua terhadap lembaga pendidikan mencerminkan kompetisi di industri pendidikan. Promosi membantu lembaga menarik perhatian target pasar yang relevan, membangun reputasi, dan menegaskan posisinya. Dalam dunia pendidikan yang kompetitif, promosi juga penting untuk mempertahankan pangsa pasar. Proses jasa pendidikan melibatkan perencanaan kurikulum, implementasi, evaluasi, dan pengembangan untuk memberikan pengalaman belajar optimal. Produk jasa pendidikan berupa reputasi, prospek, dan variasi program. Promosi pendidikan dilakukan dengan segmentasi, targeting, dan positioning untuk memperoleh perhatian dan rekomendasi. Dengan demikian, promosi pendidikan bukan hanya memperkenalkan lembaga, tetapi juga menciptakan kesesuaian strategis antara tujuan lembaga, kemampuannya, dan peluang promosi yang ada.</p> Sesra Budio, Ikhwandri Ikhwandri, Adrianto Adrianto, Sugiarto MA Putra Copyright (c) 2023 Jurnal Menata : Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/273 Wed, 08 Nov 2023 00:00:00 +0700 KELUARGA SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN PADA MASA RASULULLAH http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/278 <p>Keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama maka orang tua harus menjadi pendidik pertama bagi anak-anaknya.Dalam keluarga,secara alamiah orang tua bertanggung jawab penuh atas anak-anaknya.orang tua mendidik dan menumbuh kembangkan mereka sebaik mungkin. Kesalahan mendidik anak dalam keluarga bisa berakibat fatal.Anak bisa saja menyimpang dari fitrah dan potensi kebaikan insaniahnya ketika pendidikan dalam keluarga kurang berfungsi secara optimal.agar pendidikan dalam keluarga bisa berlangsung optimal,para orang tua hendaknya memahami bahwa institusi pendidikan formal dan non-formal yang diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat.</p> Alwizra Alwizra, Sar'an Sar'an, Risqa Oktarina, Ikhwandri Ikhwandri, Adrianto Adrianto, Yulia Roza Copyright (c) 2023 Jurnal Menata : Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/278 Wed, 08 Nov 2023 00:00:00 +0700