MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Yenni Yenni STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • Ikhwandri Ikhwandri STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • Adrianto Adrianto STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • Risqa Oktarina STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • Maryam Jambak STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • Ti Firmanda STAI YAPTIP Pasaman Barat

Keywords:

Konsep, Perencanaan, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan merupakan suatu system yang teratur dan mengemban misi yang cukup luas yaitu segala sesuatu yang bertalian dengan perkembangan fisik, kesehatan, keterampilan, pikiran, perasaan, kemauan, sosial sampai kepada masalah kepercayaan atau keimanan. Pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi anak (kognitif, fisik, sosial-emosi, kreativitas, dan spiritual). Karakter adalah sikap pribadi yang stabil hasil proses konsolidasi secara progresif dan dinamis, integrasi pernyataan dan tindakan. Dalam pendidikan karakter mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup dan bekerja bersama sebagai keluarga, masyarakat, dan bernegara dan membantu mereka untuk membuat keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan. Karena karakter tidak terbentuk secara instan, tapi harus dilatih secara serius, terus menerus dan proposional agar mencapai bentuk karakter yang ideal.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Yenni, Y., Ikhwandri, I., Adrianto, A., Oktarina, R., Jambak, M., & Firmanda, T. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Menata : Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 7–15. Retrieved from http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/274