MANAJEMEN JASA PENDIDIKAN

Authors

  • Sesra Budio STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • Ikhwandri Ikhwandri STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • Adrianto Adrianto STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • Sugiarto MA Putra STAI YAPTIP Pasaman Barat

Keywords:

promosi, jasa pendidikan, proses pendidikan

Abstract

Pentingnya promosi dalam pendidikan sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan minat calon siswa serta orang tua terhadap lembaga pendidikan mencerminkan kompetisi di industri pendidikan. Promosi membantu lembaga menarik perhatian target pasar yang relevan, membangun reputasi, dan menegaskan posisinya. Dalam dunia pendidikan yang kompetitif, promosi juga penting untuk mempertahankan pangsa pasar. Proses jasa pendidikan melibatkan perencanaan kurikulum, implementasi, evaluasi, dan pengembangan untuk memberikan pengalaman belajar optimal. Produk jasa pendidikan berupa reputasi, prospek, dan variasi program. Promosi pendidikan dilakukan dengan segmentasi, targeting, dan positioning untuk memperoleh perhatian dan rekomendasi. Dengan demikian, promosi pendidikan bukan hanya memperkenalkan lembaga, tetapi juga menciptakan kesesuaian strategis antara tujuan lembaga, kemampuannya, dan peluang promosi yang ada.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Budio, S., Ikhwandri, I., Adrianto, A., & Putra, S. M. (2023). MANAJEMEN JASA PENDIDIKAN. Jurnal Menata : Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 1–6. Retrieved from http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/273