PELAKSANAAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 PASAMAN BARAT

Authors

  • Sar'an STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • Yulda Dina Septiana STAI YAPTIP PASAMAN BARAT

Keywords:

Model Pembelajaran, Kinerja Guru, Evaluasi Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama Islam  selama ini cendrung berpusat  pada guru,  dimana guru menstransfer ilmu pengetahuan yang dimiliki ke pikiran siswa  dan siswa menerimanya dengan pasif.  Hal ini juga terjadi  di SMA Negeri 2 Pasaman Barat, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam  menyelesaikan soal sehingga hasil belajar mereka rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang  diberi kesempatan untuk berpikir  dan mengungkaan ide-ide serta menulis  dengan bahasa yang benar. . Penelitian ini bertujuan untuk  melaksanakan model think talk write (ttw) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam  di SMA Negeri 2 Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tujuan PTK adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi didalam kelas  yang dialami langsung oleh guru dan siswa  yang sedang belajar, meningkatkan profesionalisme guru, dan menumbuhkan budaya akademik di kalangan  para guru yang bersifat akademis  yang tertuang dalam nilai ulangan  harian (formatif)  dan ulangan semester (sumatif). Ulangan akhir semester  (sumatif) maupun yang bersifat  non akademis seperti  motivasi, perhatian, aktivitas, minat dan lain sebagainya. karena seluruh program dilakukan dimulai dari perencanaan yang baik, proses yang sesuai dengan tujuan yang disusun serta evaluasi yang berkelanjutan. Terkait dengan pelaksanan model think talk write (ttw) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam  di SMA Negeri 2 Pasaman Barat  temuan ini membuktikan dan menjelaskan tentang dalam pelaksanan model think talk write sudah  terlaksana dengan baik sesuai dengan yang diharapkan  oleh pihak sekolah sekolah, guru dan siswa. Temuan ini mnjelaskan bahwa dengan terlaksananya model think talk write ini, karena nilai yang dihasilkan siswa dari ujian formatif dan sumatif sudah terdapat meningkatnya nilai dan hasil belajar siswa, sebelumnya siswa kurang minat terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam, alhamdulilah sekarang sudah menigkat dan berminat sekali dalam menerima mata pelajaran pendidikan agama Islam. Sedangkan siswa pun sudah mulai  percaya diri terhadap dirinya sendiri, dan guru sudah melaksanakan model think talk write ini dengan baik pada saat proses belajar mengajar berlangsung di dalam kelas.    

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

Sar’an, & Septiana, Y. D. (2024). PELAKSANAAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 PASAMAN BARAT. Jurnal Al-Karim : Jurnal Pendidikan, Psikologi Dan Studi Islam, 9(2), 38–43. Retrieved from http://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/alkarim/article/view/376